sharinggan

sharinggan Pictures, Images and Photos

01 Agustus, 2010

Tools

TOOLS

Utility tools adalah berbagai perangkat yang disediakan oleh microsoft untuk memudahkan kita dalam bekerja. dengan berbagai tools ini anda dapat mengamankan komputer anda dari berbagai kemungkinan kemungkinan hilangnya data anda yang sangat berharga.

adapun perangkat perangkatnya seperti berikut :

√Backup
tool ini membantu anda untuk membuat sebuah kopian dari informasi di hardsik anda.
jika data asli anda terkena virus dan rusak, maka data dari backup ini dapat menumpuk data sebelumnya
agar proses tetap berjalan.
backup membuat sebuah kopian “volume bayangan” data anda (semacam duplikat data) untuk membuat sebuah kopi data yang akurat dari hard drive anda.
termasuk data yang digunakan oleh sistem. anda dapat mengakses sistem ketika backup utility ini berjalan tanpa mengambil resiko untuk kehilangan data.
dengan menggunakan backup, anda dapat menyimpan arsip data dalam di hard dis. tidak hanya itu, anda juga dapat mengembalikan arsip tersebut ke hardisk anda
ataupun ke hard disk lainnya. backup ini dapat mengkopi keadaan sistem. yang termasuk sistem data, registry, component services, active directory database,
dan certificate services database. sistem partisi, dan partisi boot juga dapat di back up.
dengan tool ini, anda tidak perlu takut kehilangan data dengan berbagai kemungkinan.

√Character map
tool ini berfungsi untuk mengkopi paste karakter spesial kedalam sebuah file anda. seperti
©®Δπ∑√∞ dan masih banyak lagi. ikon ikon tersebut akan membuat data anda lebih menarik lagi dari sebelumnya

√Disk Cleanup
ketika menjalankan sebuah operating system seperti windows, kita tidak selalu mengetahui seberapa pentingnya
data yang ada dalam komputer. terkadang Windows menggunakan file untuk kebutuhan yang spesifik dan diletakkan
pada sebuah folder yang di desain untuk temporary files (data sementara). mungkin anda akan menginstall komponen windows yang
tidak anda gunakan sebelumnya. untuk berbagai alasan, termasuk salah satunya yaitu kehabisan space data di hard disk anda.
nah, disinilah kegunaan disk cleanup. Tool ini berfungsi untuk mengurangi isi hard disk dengan mengeluarkan file file internet yang bersifat sementara
meng-uninstall komponen dan program yang sudah tidak digunakan lagi, dan mengosongkan
recycle bin.
jadi anda tidak perlu bingung untuk menghapus data yang masih anda gunakan jika data yang tidak anda gunakan cukup banyak sehingga masih mampu menampung berbagai data lain

√Disk Defragmenter
tool ini digunakan untuk menggabungkan fragmented files(sebuah data yang sama namun terpisah ke berbagai hard disk. hal ini terjadi ketika sebuah file dalam disk dihapus dan ditambahi data baru. hal ini dapat memperlambat kerja disk tersebut)
jadi, hanya akan ada 1 data yang benar benar digunakan dalam sebuah volume. dengan tool ini anda dapat mengurangi fragment data anda sehingga dapat mengurangi isi data dalam hard disk anda.

√Files and Settings Transfer
tool ini membantu anda untuk memindahkan file anda dan pengaturan personal dari komputer lama ke komputer baru tanpa harus mengkonfigurasi ulang komputer baru anda seperti komputer yang lama.
anda dapat memindahkan tampilan komputer lama, sebagian atau seluruh folder (termasuk my documents, my pictures, dan favourites), pengaturan internet dari komputer anda yang lama ke yang baru.
namun, password anda tidak terpindah ketika anda mentransfer anda dengan tool ini agar password anda tetap terjaga.

jadi tool ini mempermudah anda yang ingin membeli sebuah komputer baru sehingga tidak repot untuk men-setting ulang komputer baru anda.

√Scheduled tasks
dengan tool ini anda dapat menjalankan berbagai script, program atau dokumen untuk dijalankan pada waktu tertentu.
jadi anda tinggal memasukkan jadwal agar program anda berjalan sehingga anda tidak lupa jika suatu saat program itu memang harus berjalan pada saat itu.

√Security Center
tool ini berfungsi untuk mengecek status anda dari 3 status keamanan yang terdaftar dibawah ini. jika ada sebuah problem terdeteksi dari 3 hal tersebut (misalkan saja antivirus anda belum ter update)
maka security center ini akan mengirimkan sebuah tanda bahwa antivirus anda belum di update, dan juga akan memberikan rekomendasi dari solusi yang windows punya untuk memproteksi komputer anda
3 hal penting yang dimaksud adalah sebagai berikut
1. Firewall
Firewall dapat membantu anda untuk melindungi komputer dari berbagai aktivitas hacker (orang yang ingin membobol data dalam komputer anda). salah satunya yaitu membobol lewat internet.
security center akan memeriksa apakah komputer anda terproteksi oleh firewall atau tidak
2. Antivirus : program ini akan melindungi anda dari virus yang menyerang komputer anda (hanya jika antivirus anda ter update). security center akan memastikan bahwa antivirus anda akan terupdate.
3.automatic updates (update otomatis) : dengan ini, anda dapat dapat memeriksa adanya update-an penting yang terbaru untuk komputer anda dan akan ter-install secara otomatis.
wah, tool ini sangat berguna bagi anda yang ingin semua yang serba otomatis. =D

√System Information
sistem informasi ini mengumpulkan dan menunjukkan informasi sistem konfigurasi anda.
tool ini dapat membantu anda untuk menampilkan rincian informasi komputer
(seperti hardware resources, components, software environtment, internet setting, dkk)

√System Restore
tool ini adalah sebuah komponen windows xp yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan data untuk komputer anda dari keadaan sebelumnya. berbeda dengan backup, restore ini dapat dibuat dengan cara membuat restore point
(yaitu sebuah point dimana system restore menyimpan data user) jika ada masalah pada komputer anda, anda hanya tinggal merestore dari poin sebelumnnya yang telah anda buat pada tool ini.
dan yang membuat pengguna merasa nyaman jika menggunakan ini adalah : tool ini akan membuat restore point secara otomatis pada waktu tertentu dan ketika menginstall sesuatu pada komputer anda. singkatnya, jika anda menginstall sesuatu lalu ternyata terdapat eror,
restore point yang telah dibuat ini akan menyelamatkan sistem komputer anda. simpel bukan?
tool ini dapat digunakan untuk melakukan hal hal berikut
1. mengembalikan komputer anda pada posisi sebelumnya
seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, system restore akan membuat restore point tanpa harus anda membuatnya.
halini akan mempermudah jika anda lupa untuk membuat sebuah restore point agar anda dapat mengembalikan seting komputer anda seperti sebelumnya.
2. mengembalikan komputer anda tanpa kehilangan data data personal anda
data personal anda akan tetap ada, yang berubah hanya sistem yang telah dibuat. akan kembali menjadi sistem yang sebelumnya ketika membuat restore point.
3. mengembalikan salah satu restore point sejak 3 minggu restore point dibuat
restore point yang tersimpan dalam komputer anda bergantung pada seberapa sering anda menggunakan komputer anda, besar hard disk anda dan seberapa banyak disk anda untuk menyimpan system restore tersebut
4. mencari tanggal dimana restore point dibuat
ketika anda menjalankan tool ini, akan muncul sebuah kalender. anda dapat mencari dimana restore point yang telah terbuat
5. memastikan restorasi tersebut dapat diulang
jika anda tidak menyukai setingan komputer anda sebelumnya, maka anda juga dapat mengembalikan sistem tersebut ke tanggal yang lebih jauh lagi ( 2 hari – 3hari – ber hari hari)

sumber :

http://komputersite.com/artikel/1-reparasi-komputer/26-fungsi-tools-pada-windows.html/

Tidak ada komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates